>
Senin, 22 November 2021 16:21

Dinas PUPR Gelar Konsultasi Publik Pembangunan Kanal

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KABUPATEN GORONTALO, KOMINFOTIK - Dalam rangka pembebasan tanah untuk  pembangunan Kanal Topodu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo sebagai sekretarit tim persiapan menggelar konsultasi publik pertama untuk Desa Tualango Kecamatan Tilango kabupaten Gorontalo di aula Kantor Camat Tilango, Senin (22/11/2021).

Kegiatan yang dibuka Asisten II  Sutan Rusdi itu dihadiri Kepala Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Abdul Fandit Ahmad, BWS Sulawesi II sebagai pelaksana, Camat Tilango dan sejumlah pemilik tanah yang akan dilintasi kanal Topodu.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari tahapan persiapan dalam pembebasan lahan, sbelum ke tahapan penetapan lokasi harus melakukan konsultasi publik yang di dalamnya ada semacam kesepakan, antara tim persiapan dengan masyarakat yang berhak atas lahan tersebu,t” kata Sutan Rusdi.
Rencana pembangunan kanal Topodu membutuhkan lahan seluas 18,06 hektar dan melintasi dua desa di Kabupaten Gorontalo dan satu kelurahan di kota Gorontalo. Desa Tualango merupakan salah satu desa yang nantinya akan dilalui kanal Topodu tersebut dengan jumlah pemilik lahan sebanyak 68 orang dengan jumlah persil atau bidangan sebanyak 78 persil.
“Alhamdulillah dari hasil konsultasi publik tadi untuk desa Tualango yang dihadiri  59 pemilik lahan, seluruh pihak yang berhak atau pemiliki lahan semuanya sepakat atau tdiak keberatan lahannya digunakan untuk pambangunan kanal Topodu, ini intinya," ucap Sutan Rusdi.
Sutan Rusdi juga menjelaskan tujuan pembangunan kanal Topodu selain sebagai pengendali banjir juga sebagai, salah satu alternatif untuk menyelamatkan Danau Limboto yang masuk dalam 15 Danau terkritis di Indonesia.
“kanal ini sebagai kontrol atau pengendali banjir, jadi nanti di kanal ini akan dibuatkan pintu kontrol juga, sehingga banjir yang sering menggenangi Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dapat diminimalisir,” pungkasnya.
Pada konsultasi publik tersebut  dibuka diskusi tanya jawab, juga dilaksanakan penandatanganan berita acara oleh seluruh kuasa pemilik lahan yang hadir saat itu yang disaksikan Sutan Rusdi, Abdul Fandit Ahmad, BWS Sulawesi II  dan Camat Tilango.
 
Pewarta : Yudi - Dinas PUPR
Baca 20 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2021, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama