>
Selasa, 18 Januari 2022 07:51

Bangun Produktivitas Melalui Tim Kerja Berkualitas

Oleh
Beri rating
(0 suara)

POHUWATO, KOMINFOTIK – Tim kerja yang berkualitas tidak hanya menyelesaikan pekerjaan dan selesai begitu saja, namun pekerjaan tersebut harus mampu membangun produktivitas dan terselesaikan sesuai dengan target bahkan bisa melampaui target.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo Aryanto Husain pada rapat evaluasi kinerja Biro Organisasi tahun 2021 yang diintegrasikan dengan pembahasan rencana kerja tahun 2023 dan rencana strategis (Renstra) tahun 2021-2026 di Hotel Irene Kabupaten Pohuwato, Jumat (14/1/2022).

Aryanto menjelaskan di era yang sangat mengalami perubahan, ASN dituntut mampu melayani masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik dengan tim kerja yang berkualitas.

“Ada tiga ciri tim kerja yang berkualitas yakni pertama tim yang tahu benar siapa, apa dan bagaimana yang dilakukan, kedua mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target serta schedule dan ketiga berusaha melakukan pekerjaannya dengan profesional dan bertanggung jawab. Ini yang kami sampaikan pada rapat evaluasi kinerja Jumat akhir pekan kemarin, “ kata Aryanto.

Menurutnya, saat ini pekerjaan dibangun melalui pendekatan teknokratif yang melibatkan intensitas top down, nalar-nalar akademisi yang logic, pendekatan yang sifatnya melibatkan berbagai pihak serta bottom up berupa aspirasi masyarakat.

Lebih lanjut Kepala Biro Organisasi mengutarakan, tata kelola (governance) tidak dapat dilepaskan dari prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yaitu transparansi, partisipasi dan akuntabilitas sebagai unsur utama.

“Hal yang penting dalam penyajian Renja yakni merumuskan pengolahan data informasi tentang analisis pelayanan OPD, mereview hasil evaluasi hasil pelaksanaan Renja OPD Tahun lalu berdasarkan Renstra OPD dan menjabarkan isu penyelenggaraan tugas, fungsi, tujuan dan sasaran OPD,” ungkap Aryanto.

Ia berharap Renstra maupun Renja dapat disusun dan dikawal dengan baik sehingga dapat memberikan konstribusi nyata pada RPJMD.

Kegiatan yang berlangsung di Bumi Panua tersebut, diakhiri dengan penandatangan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas oleh Karo Organisasi Bersama Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan para pelaksana di lingkungan Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo. Diakhir acara juga diperkuat dengan pembacaan isi Pakta Integritas oleh Kepala Biro.

Penulis : Burhan – Biro Organisasi

Baca 26 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2022, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama