>
Kamis, 18 November 2021 05:19

Dinas Pangan Evaluasi Program Pertanian Keluarga

Oleh
Beri rating
(0 suara)

POHUWATO, KOMINFOTIK - Dinas Pangan Provinsi Gorontalo melakukan evaluasi program pertanian keluarga tahun 2021 di Kabupaten Pohuwato.

Program Pertanian Keluarga yang dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Ke Provinsi Gorontalo sangat berdampak baik ke masyarakat khususnya di kabupaten Pohuwato.
Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi kegiatan ini kepada penerima bantuan kelompok program pertanian keluarga yang di aksanakan Dinas Pangan di RM Salsa komplek Pohon Cinta Pohuwato, Selasa (16/11/2021).
Kepala Dinas Sutrisno sangat mengapresiasi kelompok Penerima Bantuan Pertanian keluarga karena bersemangatnya dan memaanfatkan bantuan ini sebaik-baiknya, dengan tekun dan memperhatikan apa yang menjadi petunjuk dari tim teknis provinsi dan kabupaten sehingga apa yang diharapkan tercapai.
"Pemerintah berkewajiban menyediakan pangan yang cukup dan terjangkau oleh rakyat sehingga rakyat memiliki ketahanan pangan yang tinggi oleh sebab itu pemerintah Provinsi Gorontalo berupaya meningkatkan ketersediaan pangan bagi rakyat melalui peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan," kata Sutrisno.
Sutrisno menjelaskan program pertanian keluarga bertujuan meningkatkan pendapatan keluarga petani yang sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang,mengentaskan wilayah rentan pangan, menguatkan wilayah tahan pangan dan meningkatkan pendapatan keluarga petani.
Sebelumnya Plh Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Berni Salindeho mengatakan berdasarkan hasil verifikasi Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pangan tahun 2021 telah menetapkan lokasi pertanian keluarga di dua desa.
Yaitu Desa Manunggal Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato dengan nama kelompok Tani Suka Maju dengan bantuan dana sejumlah Rp150 juta untuk bantuan 20 anggota dengan komoditi pangan yang akan ditanam bawang merah, cabe, tomat, kacang panjang dan budidaya air tawar seperti ikan nila dan ikan lele yang di kelola di lahan seluas 16 hektare.
Kelompok lainnya adalah di Desa Padengo Kecamatan Dengilo dengan nama kelompok Wobudu II dengan bantuan dana sejumlah Rp150 juta untuk 21 anggota dengan komoditi pangan yang ditanam cabe, ketimun,kl kacang panjang, semangka, terong, bawang merah, jagung manis, dan budidaya air tawar seperti ikan lele sekaligus budidaya ayam pedaging dengan lahan yang di kelola di lahan seluas 13 hektare.
"Dari hasil evaluasi kelompok yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan mendokumentasikan kegiatan termasuk pengolahan lahan dan saat panen, perlu melakukan pencatatan setiap kegiatan dalam pembukuan kelompok, senantiasa melakukan pertemuan dengan bimbingan tim teknis kabupaten, berpatisipasi aktif pendekatan dengan seluruh anggota kelompok, wajib melakukan pencatatan hasil panen, wajib melakukan pencatatan pendapatan pengeluaran kelompok dan wajib melaporkan perkembangan usaha budidaya secara periodik bulanan kepada tim teknis kabupaten," jelas Berni salindeho.
Menurutnya ke depan program pertanian keluarga dapat mempercepat pengentasan wilayah rentan pangan melalui ketersediaan, keterjangakauan, dan pemanfataan pangan bagi keluarga petani yang sesuai kebutuhan gizi seimbang,terjadi peningkatan pendapatan keluarga petani dan berdampak tidak ada lagi keluarga yang kelaparan.
"Kami berharap  program ini dapat berkembang dan berkelanjutan " tutur Berni.
Hadir dalam kegiatan ini kepala Dinas Pangan Kabupaten Pohuwato Refli Basir, para kepala seksi yang terkait  dan kelompok pertanian keluarga yang mengelola bantuan kegiatan.
 
Pewarta : Hariman - Dinas Pangan
 
 
Baca 15 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2021, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama