>
Kamis, 25 November 2021 15:56

Dinas PRKP Gelar Rakor dan Sinkronisasi Program Perumahan dan Permukiman

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

KOTA GORONTALO, KOMINFOTIK - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo (PRKP) melaksanakan rapat koordinasi bidang perumahan dan permukiman 2021 serta sinkronisasi program kegiatan tahun 2022, Kamis (25/11/2021) di aula Bapppeda.

Dalam rapat ini dibahas perencanaan bidang perumahan dan permukiman provinsi serta sinkronisasi program/kegiatan bidang perumahan permukiman kota/kabupaten dan provinsi tahun 2022.

Rakor dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba didampingi Kadis PRKP dan pemateri dari Kementerian PUPR.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas terselengaranya kegiatan Rakor ini, kegiatan ini sangat penting untuk perencanaan di bidang perumahan permukiman  tahun ke depan, karena kita dihadapkan dengan pentingnya rumah layak huni dan penuntasan kawasan kumuh terutama SPM bidang perumahan dan Permukiman,” kata Darda Daraba.

Darda Daraba menambahkan pertemuan ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam memetakan peranan masing-masing terutama dalam hal SPM bidang perumahan dan permukiman, sehingga penanganan SPM ini bisa mencapai target yang ditetapkan bersama.

“Penanganan SPM bidang perumahan dan permukiman ini sangat penting karena ini merupakan pelayanan wajib dasar, yaitu penanganan rumah korban bencana alam dan relokasi pada urusan bidang perumahan dan pengentasan kawasan kumuh pada urusan bidang permukiman dengan mensukseskan target permukiman kumuh yang harus nol persen, sehingga target 100-0-100, yaitu akses layanan air minum 100 persen, kumuh 0 persen dan 100 persen sanitasi layak dapat tercapai,” tutur Darda Daraba.

Dalam pertemuan ini Darda Daraba berterima kasih kepada Dinas PRKP, BPBD kabupaten/kota yang telah hadir pada acara ini agar tercipta koordinasi dan sinkronisasi pada program/kegiatan dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun-tahun berikutnya.

Menurutnya hal ini penting untuk diperkuat agar bisa mendapatkan alokasi anggaran tidak hanya dari APBN dan APBD akan tetapi bisa juga melalui dari DAK ataupun sumber-sumber pendanaan lain.

“Di Kementerian PUPR sudah ada bidang tersendiri untuk pelaksanaan DAK perumahan dan permukiman,” ucap Darda Daraba.

Kepala Dinas PRKP Provinsi Gorontalo Aries N Ardianto mengatakan dengan adanya Permendagri 90 tahun 2019 dan Kepmendagri 050 tahun 2020, maka pertemuan ini sangat diperlukan bagi para pemangku kepentingan untuk bisa berkoordinasi dan saling komunikasi lebih dalam lagi terkait permasalahan serta tantangan SPM bidang perumahan dan permukiman yang akan dihadapi ke depan, terutama pada saat pandemi Covid-19.

Peserta Rakor PRKP ini berjumlah 50 orang yang berasal dari Dinas Perkim kabupaten/kota, BPBD provinsi dan kabupaten/kota, Komisi III DPRD Provinsi gorontalo, Bapppeda, dan Dinas PUPR provinsi dan kabupaten/kota, dinas kesehatan, dinas sosial, Balai Prasarana Permukiman Wilayah, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Sulawesi I, dan staf Dinas PRKP. Para peserta ini diharuskan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Dinas PRKP Aries N Ardianto, Olis Bakari, Kepala Sub-Bidang Infrastruktur Kewilayahan Bapppeda dan Leviany Octavianti sebagai Subkoordinator Pemantauan Evaluasi Bidang Pelaksanaan DAK Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR.

Pewarta : Jen - Dinas PRKP

Baca 6 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2021, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama