>
Kamis, 25 November 2021 06:18

Kepemimpinan Kunci Sukses Implementasi ASN BerAkhlak di Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, KOMINFOTIK – Pemerintah Provinsi Gorontalo mendapat kepercayaan Kementerian PANRB berbagi kiat implementasi core values BerAkhlak dalam Podcast sharing penerapan core values dan employer branding ASN.

Gorontalo menjadi representasi pemerintah daerah yang termasuk melakukan gerakan cepat terkait penyeragaman dan implementasi core values ASN.  Sedangkan instansi pemerintah pusat diwakili Badan Standardisasi Nasional.

Pada tapping Podcast yang dilaksanakan di Menara 165 Jakarta pekan lalu, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo Aryanto Husain hadir sebagai narasumber mewakili Pemerintah Provinsi Gorontalo. Dari Badan Standardisasi Nasional adalah Kepala Biro SDM Iryana Margahayu.

Perbincangan dalam podcast sendiri hal-hal yang telah dilakukan oleh kedua Instansi ini dalam rangka internalisasi dan penerapan core values BerAKHLAK dan employer branding bangga melayani bangsa di lingkungan masing-masing.  

Dalam penjelasan awalnya Aryanto menyambut gembira peluncuran nilai BerAkhlak. Menurutnya, selama ini budaya kerja instansi pemerintah bervariasi walaupun memiliki makna yang sama.

Keberagaman nilai dasar ini menyulitkan proses internalisasi ke dalam perilaku ASN.

“Nilai-nilai budaya kerja sering hanya menjadi jargon tanpa implementasi yang optimal. Itu yang kami sampaikan saat perekaman podcast,” kata Aryanto Husain, Rabu (24/11/2021).

Aryanto menambahkan core values dan employer branding ASN ini adalah prinsip penting arsitektur baru human capital dan menjadi upaya Reformasi Birokrasi menuju ASN berkelas dunia.

Transformasi manajemen ini mendorong ASN harus keluar dari zona nyaman yang selama ini dinikmatinya, menuju ke zona perkembangan di mana ASN bisa memberikan kinerja terbaiknya dalam organisasi. 

Aryanto juga menjelaskan kunci sukses implementasi di Gorontalo adalah leadership. Hal ini ditunjukkan oleh kepala daerah dan para kepala organisasi perangkat daerah.

Setelah peluncuran oleh Presiden Joko Widodo, pemerintah provinsi gorontalo segera membuat meme ASN BerAkhlak mulai dari gubernur, wakil gubernur, sekretaris daerah, kepala OPD dan para ASN. Meme ini kemudian dipasang menjadi status media sosial. 

Pemprov juga membuat video ASN BerAkhlak yang menampilkan gubernur, wakil gubernur dan sekretaris daerah. Video ini berisi pesan dan himbauan penerapan core values BerAkhlak di lingkungan Pemerintah Gorontalo.

Ditambahkannya, kepala daerah sering menyisipkan pesan tranformasi ASN pada setiap kesempatan, mulai dari disiplin hingga pelayanan yang baik dan cepat.

“Gubernur selalu mengingatkan kami tentang hal ini dan meminta setiap ASN selalu bekerja lebih baik,” ujar Aryanto

Ditambahkan Iryana, bahwa kunci sukses lainnya adalah keikhlasan. Setiap ASN harus menerapkan ASN BerAkhlak dengan ikhlas tanpa di paksa.

“Hal ini juga akan mengurangi resistensi sehingga penerapannya akan lebih mudah dan cepat,” imbuhnya. 

Sebelumnya, pada Juli 2021, Presiden Joko Widodo meluncurkan core values BerAkhlak dan employer branding bangga melayani bangsa. Keduanya menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapain kerja individu dan tujuan instansi pemerintah.

Core Values ASN BerAkhlak adalah akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Presiden meminta agar core values ini diterapkan di semua tingkatan pemerintahan.

Podcast sharing penerapan core values ASN BerAKHLAK ini nantinya akan ditayangkan di Official YouTube Chanel Kementrian PANRB dan instansi terkait.

Baca 8 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2021, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama