>
Jumat, 28 Januari 2022 13:41

Komisi I Studi Komparasi Penyamaan Presepsi Implementasi Desa Digital

Oleh
Beri rating
(0 suara)

BOLMONG, KOMINFOTIK – Di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini tranformasi digital pada pelayanan tingkat desa dinilai dapat memberikan pelayanan secara efektif, cepat dan tepat.

Karena itu Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo mendorong pemerintah desa untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu Komisi I pada Kamis (27/1/2022) melakukan studi komparasi ke Dinas Kominfo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolses) guna mengetahui pengembangan desa digital sekaligus menyamakan persepsi ihwal implementasi desa digital.

Ketua Komisi I AW Thalib berharap kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan pemerintahan Bolsel bisa saling menukar informasi untuk pengembangan desa digital.

”Untuk Gorontalo sendiri sudah ada 22 desa yang dibina langsung oleh Pemerintah Provinsi, seperti Desa Lamahu, Pontolo, Tanggilingo dan desa-desa yang sudah ada embrio menuju desa digital. Pemerintah desa sudah melakukan upaya digitalisasi meskipun belum terintegrasi menjadi satu kesatuan yang kami harapkan,” kata AW Thalib.

Ia berharap desa-desa akan terus mengadaptasi teknologi informasi, pemerintah  desa memiliki seumberdaya yang dapat digerakkan dan dikembangkan untuk mendukung layanan masyarakat yang lebih baik melalui teknologi informasi.

Saat ini desa-desa sudah memiliki kemampuan, perangkat, jaringan operator serta aplikasi dan dukungan pemerintah.

Kepala Dinas Kominfo Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Aldy Setiawan Gobel mengatakan sebelumnya instansinya sudah menyampaikan kepada Kominfo Provinsi Gorontalo bahwa di Bolsel belum ada desa digital.

“Tetapi untuk program sistem keuangan kita sudah pakai sistem informasi keuangan desa itu berbasis android juga untuk desa digital,” terangnya.

Paling pokok untuk desa digital ini kesediaan jaringan listrik dan jaringan internet. Dalam tahun ini juga Bolsel akan mencoba di sekitaran Ibu kota Molibagu untuk mengembangkan final project desa digital.

 

Pewarta : Hengki – Setwan

Baca 38 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2022, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama