>
Kamis, 25 November 2021 05:38

Rusli Habibie Hadiri Rakornas Kementerian Investasi 2021 Featured

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Anugerah Layanan Investasi 2021 di Jakarta, pada Rabu (24/11/2021). Foto – ADC Gub Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat berbincang dengan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Anugerah Layanan Investasi 2021 di Jakarta, pada Rabu (24/11/2021). Foto – ADC Gub

JAKARTA, KOMINFOTIK – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Anugerah Layanan Investasi 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021). Rakornas dibuka Presiden Joko Widodo dan dihadiri gubernur seluruh Indonesia.

 

“Investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi karena APBN semua negara juga sama. Defisit, semua defisit. Semua negara juga mengkhawatirkan terjadinya defisit,” kata Presiden Joko Widodo.

Di hadapan menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, bupati, dan wali kota, Presiden Joko Widodo mengungkapkan apabila defisit dikembalikan ke situasi normal maka akan terjadi guncangan lagi (shock).

“Pandemi ini dampaknya betul-betul ke mana-mana. Ke semua titik ada semuanya. Bayangkan, dana puluhan ribu triliun rupiah direm bareng-bareng karena ingin kembali ke defisit yang normal. Ini juga menakutkan, tapi belum ada kalkulasinya,” ujar Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan selain keberhasilan mengendalikan pandemi, salah satu kunci utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah investasi.

“Investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi. Karena kalau kita berfokus pada APBN, defisit kita tetap, meskipun saya tahu Ibu Menteri Keuangan sangat prudent, sangat hati-hati dalam mengelola APBN kita. Oleh sebab itu, yang diluar APBN ini harus digerakkan. Kembali lagi investasi,” tambahnya

Untuk mewujudkan target realisasi investasi Rp1200 triliun pada tahun 2022, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah juga didorong untuk meningkatkan kolaborasi dan kekompakan demi meningkatkan kinerja.

Setiap investor yang masuk ke daerah juga diwajibkan berkolaborasi dengan pengusaha yang ada di daerah dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Investor yang sedang layani dengan baik, investor yang besar juga dilayani dengan baik. Investor yang kecil, usaha-usaha kecil dilayani dengan baik. Izin diberikan gratis, diantarkan ke rumah. Itu pelayanan,” tegas Joko Widodo.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengungkapkan sebagai kepala daerah setiap tahun mengikuti rakornas ini yang tujuannyan untuk mengharmonisasikan kebijakan, serta menyatukan visi terkait target investasi, maupun berbagai kebijakan terbaru yang perlu di pahami oleh seluruh instansi baik di pusat maupun daerah.

Rusli Habibie  berharap Provinsi Gorontalo ke depan Provinsi Gorontalo, kabupaten atau kota bisa mendapatkan anugerah layanan investasi. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dan kerjasama semua pihak.

“Saya ucapkan selamat buat semua yang mendapatkan Anugerah Layanan Investasi 2021, untuk Pemerintah Provinsi Terbaik I adalah Provinsi Jawa Tengah, tadi saya ucapkan selamat secara langsung kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,”tutupnya.

Pada acara yang bertema hilirisasi dan kolaborasi untuk pertumbuhan berkelanjutan ini, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyaksikan penyerahan penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2021 kepada kementerian/lembaga, provinsi, dan kabupaten/kota.

Baca 6 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2021, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama